Saturday, 21 May 2016

MANFAAT POSITIF DAN DAMPAK NEGATIF MENJADI GAMERS


Assalamualaikum WR WB. Apa kabar nih? Pada sehat gak? *Pembuka yang garing untuk kesekian kalinya. Nah, kali ini, saya mau ngeshare ni manfaat bermain game, bukan bermaksud untuk menyuruh readers jadi gamers ya, tapi ngasih tau readers, hal hal kecil yang readers abaikan ketika bermain game, yaitu manfaatnya. Oke, happy reading ^^

Kebanyakan orang menganggap bahwa gamers adalah orang yang tidak berguna. Bermain game itu seperti menangkap angin. Sia sia maksudnya. Namun, sebenarnya ada manfaat dari seorang gamers. 

MANFAAT MENJADI GAMERS


1. MENGUASAI LEBIH BANYAK KOSAKATA INGGRIS (ENGLISH VOCABULARY)
Para gamers pasti tau nih, apalagi yang sering main game online, game itu mencakup seluruh dunia (hampir semua gamers didunia memainkannya). Jadi, Game itu kebanyakan memakai bahasa internasional yaitu bahasa inggris. (Contoh Start = mulai, Game Over = Permainan berakhir), You Lose = Kamu kalah.  Namun, mungkin kita berpikir *lah, itukan anak sd juga tau. Ada juga beberapa game yang mensetting petunjuk – petunjuk yang memakai bahasa inggris. Nah, bagi gamers dituntut untuk mengetahui petunjuk tersebut dan kebanyakan yang gamers pasti dituntut tau dan otomatis itu akan menambah kosakatanya dalam berbahasa inggris secara tidak langsung.

2.     MENGERTI TENTANG TIK DAN IPTEK
Pasti gamers taulah kan dengan TIK (Teknologi Informasi dan Komputer) karna mungkin hamper setiap hari mereka tidak lepas dari komputer/laptop mereka.

Saya mengamati sepupu saya, dan benar, ia tau hampir semuanya dibidang komputer (sampai ke sistem-sistemnya). Saya juga bertanya kepada teman saya yang gamers, ia sangat ahli dalam bidang TIK dan konon katanya, itu semua karna GAME. Namun, tidak banyak orang yang memiliki keahlian ini karna game, contohnya hanya 2 dari 10 orang gamers yang ahli dalam TIK dan IPTEK dan tentu saja, mereka berpendidikan.

Sebenarnya, ini hanya dialami oleh sedikit gamers yang memiliki pengetahuan yang sangat tinggi. Karna, menurut pengamatan saya, banyak dari gamers tidak  memusingkan hal ini. Dan saya juga tidak tau kenapa, dan saya juga tidak tau, kapan kita menggunakan hal ini secara efektif, karna teman saya yang gamers tidak menjelaskannya dengan detail *kalau udah tau, saya edit lagi deh.

3.     PINTAR DALAM MEMPERHITUNGKAN STRATEGI

Biasanya, hal ini terjadi pada Gamers yang suka main game online sebagai tim (nggak main sendiri) jadi, mereka akan memikirkan strategi dan taktik untuk mengalahkan tim lawannya.  Dan juga dalam bermain game, kita tidak bisa berfokus kepada satu hal, contohnya jika kita bermain bola, maka ketika kita menendang ke gawang kita memperhitungkan dimana posisi yang baik agar  gol dan tendangan apa dan menggunakan taktik apa. Wah, saya pun jadi bingung jadinya.



Namun, jadi gamers itu adalah manusia yang baik? ya tergantung, kalau dia baik ya baik kalau enggak ya enggak. Jadi, nggak salah ya menjadi seorang gamers? Tapi, kenapa kebanyakan orang tidak suka gamers lebih lebih orang tua? Padahal, menjadi gamers juga ada manfaatnya. Nah, disini dia letak kesalahan seorang gamers. Continue reading


DAMPAK NEGATIF DARI GAMERS

1.     KECANDUAN
Faktanya, game banyak mengakibatkan kecanduan bermain pada gamers. (Gamers = orang orang yang kecanduan bermain game). Hamper semua gamers yang saya kenal mengalami dampak negatif ini *Semoga readers gk masuk kategori ini.

Nah, kecanduan ini menyebabkan kita menjadi kurang tidur, malas mandi, malas makan, bahkan berbohong.

Haa, berbohong? (contohnya : orang tua kita manggil “naak, makaan” “bentar lagi ma, tugas numpuk nih”) coba kalau seorang gamers ini mengatakan “Bentar lagi ma, pertarungannya lagi sengit nih, udah hamper menang” pasti orang tuanya itu marah dan bahkan mematikan laptop/komputernya itu. Dan pasti, seorang gamers akan kesal dan mau tidak mau ia harus berbohong demi kelangsungan game nya ini. Ini adalah sesuatu yang sangat tidak baik yang kerap terjadi diantara gamers.

2.     TUGAS SEKOLAH JARANG SELESAI
Karna terlalu senang bermain, kebanyakan gamers akan rela mengorbankan waktu belajarnya untuk bermain game. Seharusnya, pelajar mengerjakan tugas sekolahnya sebagai seorang siswa dan juga ia juga harus menunaikan waktunya dengan keluarga . namun, gamers lebih memilih untuk mengunci dirinya didalam kamar dan mengabdikan diri dengan game. Bukan sesuatu yang baik bukan?

3.     KESEHATAN MENURUN
Bagaimana tidak? Makan tidak pada waktunya, mandi juga ogah-ogahan, tidur juga tidak pada jam yang seharusnya. Itulah gamers yang saya kenal.
Mereka juga terlalu lama duduk didepan PC mereka dan menyebabkan mata mereka menjadi sakit karna terlalu banyak menerima radiasi yang disebabkan monitor atau layar laptop mereka.




Tapi, bagaimana, kami adala gamers, kami tidak bisa meninggalkan game begitu saja -_- saya punya tips nih, PANDAI PANDAI MEMANDAI MANDAI. Maksudnya, aturlah semua kegiatan kita, jangan gameee aja yang dilakuin. Contohnya, jam belajar ya harus belajar, jam makan ya makan, jam mandi ya mandi, sholat ya sholat. Jangan mengorbankan waktu kita hanya karena game, kenapa? Karna kita tidak hidup di game.  Game adalah sebuah hobi bukan tuntutan hidup. Bagaimana gamers? Merasa terbebani dengan tips diatas? Ya, PANDAILAH MEMANDAI MANDAI.

Sekian^^

NB = Saya bukan seorang gamers, ini saya dapatkan ketika berdebat dengan seorang gamers dan saya pun mengamati gamers yang ada disekitar saya^^ thanks for T-baka

 

BACA JUGA




 




0 comments:

Post a Comment