Thursday, 23 June 2016

SEMUA YANG ADA DIDALAM KEPALA ALBERT EINSTEIN

          Assalamualaikum wr wb. Hai guys, apa kabar? Cieelah nanya kabar =_= elu nggak ditanyain. *joking. Oke2, kenalkan sama albert Einstein sang maestro fisika yang jenius ini? saya sempat membuka artikel yang membahas tentang apa aja yang ada didalam kepala albert Einstein. Nah, saya pengen nge share nih, kebetulan masih dalam bentuk inggris jadi saya terjemahkan dengan editing2 lah. Apa sih sebenarnya yg ada didalam kepala albert Einstein? Oke, check it out!

Siapa yang bisa percaya bahwa dunia itu datar? Atau bahwa itu duduk tetap di ruang angkasa, sementara kosmos berputar di sekitar itu? Siapapun dengan dua mata, itulah yang. Dibutuhkan lompatan imajinasi untuk merenungkan alternatif - bahwa kita berdiri di atas sebuah bola berputar cepat, meluncur melalui ruang. 

Albert Einstein, seperti Nicolaus Copernicus dan Galileo Galilei generasi sebelumnya, telah merumuskan kembali pemahaman kita tentang alam semesta, dan ia melakukannya eskperimen-eksperimen untuk menjaga keyakinannya dari informasi hoax ( berita bohong). Bahkan, ia melakukan eksperimen atas dasar pemikiran sendiri, mereka seperti bermain disuatu ruang yang disebut juga dengan The Matrix - ruang benar-benar kosong diisi dengan hanya item penting untuk eksperimennya. Sebuah jam. Seberkas cahaya. Seorang pengamat atau dua. "Bayangkan sebagian besar ruang kosong, sehingga jauh dari bintang dan massa yang cukup lainnya," kata Einstein, menggambarkan konstruk mental. 

Menggunakan bahan-bahan ini, ditambah beberapa prinsip fisik dasar, Einstein memperjelas kesimpulan yang belum dapat dipecahkan oleh para fisikawan kala itu. Dengan relativitas khusus, ia menunjukkan bahwa waktu dan ruang saling terkait. Satu dekade kemudian dengan relativitas umum, ia menemukan bahwa gravitasi sebenarnya mendistorsi ruang dan waktu. 

Semuanya berawal ketika, pada usia muda 16, Einstein berpikir : bagaimana rasanya balapan bersama seberkas cahaya? Idenya tampaknya cukup berbahaya; jika saya balapan di samping pengendara di jalan bebas hambatan dan menyamakan kecepatan, kita datang dan berhenti secara relative(yg ini kurang ngerti). Saya bisa mengatakan bahwa itu adalah pemandangan yang sedang bergerak mundur melewati kami, seolah-olah kita sedang memainkan game balap arcade. Einstein bertanya-tanya apakah hal yang sama akan berlaku untuk berkas cahaya. Jika ia melaju cukup cepat. Bagaimana dunia kelihatannya ketika kita berada dalam kecepatan cahaya? 

Itu imajinasi Einstein yang memungkinkan dia untuk mengambil kesimpulan rumit yang sezamannya tidak bisa. Dia menjelaskan wawasannya dengan analogi: "Ketika kumbang buta merangkak di atas permukaan cabang melengkung, ia tidak melihat bahwa xxx yang telah menutupinya itu memang melengkung. Aku cukup beruntung untuk melihat apa kumbang tidak dilihat kumbang " 

Oke, itu baru satu dari sekian banyaknya hal yang dipikirkan Einstein. Berikut adalah hal-hal yang ada didalam pikiran Einstein.

1.     Kapal Galileo
2.     Perlambatan Waktu, Ruang yang menyusut/mengecil
3.     It Gets Crazier
4.     Kelengkungan  Ruang dan Waktu
5.      A Legacy of Thoughts

Oke, Sebenarnya saya ingin menjelaskan hal diatas satu persatu. Tapi, ada beberapa hal yang saya pun tidak bisa mengerti dengan jelas. Jadi, saya takut salah pemahaman. Mohon bersabar untuk penambahan artikel tentang Einstein ini ya. Tapi, jika ada yg masih ngotot mau tau,  Selengkapnya disini http://discovermagazine.com/2016/june/9-all-in-his-head (Pakai bahasa inggris). terima kasih sudah berkunjung^^


Dilansir oleh buku All in His Head
Translate and edited by : Tasya Marliani

0 comments:

Post a Comment