Friday 31 August 2018

Tips Sukses Menghadapi USM PKN STAN, SBMPTN, UN, USBN DLL


Sekilas tentang perjuangan anak sma diujung harinya
Assalamualaikum.
Halo, aku mahasiswi baru PKN STAN 2018. Dan aku mendapatkan prodi D-3 Akuntansi. Siapa sangka bukan? Ya siapa sangka dan mereka akan menganggap aku beruntung karena aku dikenal “pintar” dan wajar bisa lolos disini. Padahal, nggak sesimpel itu. Pintar gak memudahkan segalanya.
*oot dulu* Sebelumnya, aku meminta maaf pada readers di blog ini, aku udah jarang banget update posting karena kesibukanku akhir-akhir ini. Ini pertama kalinya aku jadi anak rantau dan jauh dari orang tua. Dan aku masih harus bisa beradaptasi disini. *oot end*

Pada post kali ini, aku ingin berbagi pengalamanku tentang bagaimana perjuanganku sampai bisa masuk ke kampus impian ini. *mungkin
Dalam sehari, aku punya waktu 24 jam untuk bisa melakukan apa aja. Sejujurnya, aku mulai serius belajar untuk STAN setelah mengikuti ujian SBMPTN. Jadi, aku serius belajar untuk USM STAN nya lebih kurang sebulan sebelum aku tes.
Untuk generasi-generasi atau adek-adek atau yang seumuranku yang ingin mencoba tahun depan, aku punya beberapa tips untuk bisa masuk ke STAN (tipsnya agak keras ya). Gak ada tips cepet dariku, jadi maafkeun aku. Semua dilakukan secara pertahap dan tumpang tindih. Karena aku percaya, gak ada yang instan untuk mencapai kesuksesan.
OK, cekidot!!!
1.     Mulai dari saat ini, detik ini, mulailah mencari info tentang TO(try out) yang diadakan  diluar sekolah. Misalnya, dari instansi les-les privat yang sedang promo atau online. Itu berguna banget dan bisa membuat kita menilai sampai mana kemampuan kita.

Jangan minder, mentang-mentang kita gak bisa matematika kita jadi malas ikut TO, malas liat hasilnya gitu. Itu hal yang salah bagiku, mungkin percobaan pertama TO nilainya anjlok gitu, tapi kita harus belajar dari sana, jangan merenungi nilai TO nya, tapi belajar lagi dan bahas lagi kekurangan kita. Misalnya setelah to kamu tahu kamu lemah di matematika, maka, kamu gak boleh pesimis “udah ah, aku gak akan lolos juga, ini aja udah anjlok nilainya, gimana pas tes nanti?” tapi, kamu harus intropeksi diri “Ohh, jadi aku lemah di bagian ini, hmm, aku harus pelajari yang ini dan terus menerus latihan soalnya”. Kalau bisa, bumbui dengan semangat “ Ayoo, aku pasti bisa mendapatkan nilai yang bagus untuk TO selanjutnya”.

2.     Setiap hari, selipi dengan membahas soal. Misalnya, kamu bikin target lima soal USM STAN perhari, maka dalam sebulan kamu udah ngerjain 150 soalnya. Nah, kalau kamu udah lihai dalam lima soal perhari, tambah lagi jadi 10 soal perhari. Jadi dalam sebulan kamu udah ngerjain 300 soal. Lumayan kan? Cuma dengan waktu setengah jam perhari, kamu bisa ngerjain soal sebanyak itu.

3.     Jenuh pasti ada! Pasti! Galau gitu ngerjain soalnya, udah banyak tugas sekolah, ulangan, SBMPTN juga harus dipelajari, belum lagi UN USBN. Nah, semua itu bisa diatasi dengan menjadwalkan pelajaran apa yang harus dipelajari hari ini. Gitu, lagian UN USBN dan SBMPTN itu berteman. Maksudnya, materinya sama, cuman tingkat kesulitannya aja yang agak beda. Jadi, buat target perhari aja. Misalnya hari ini full studying physic gitu. Atau, jawab soal matematika yang persamaan kuadratnya sepuluh soal gitu. Dan usahakan maksimalkan waktu belajar. Apalagi buat anak yang sekarang udah kelas tiga sma. Jangan banyakin jalan-jalan sore!.

4.     Ikuti les/ bimbel. Ini saranku bagi orang yang udah kelas tiga sma atau yg mau ngulang tahun depan. Gunanya apa? Les/bimbel bisa mengatur waktu dan schedule belajar kita. Kek gimana ya, kita kek di ikat dengan jadwal yang mereka berikan ke kita gitu. Sama kek disekolah. Namun,kebanyakan les/bimbel mengutamakan pemahaman muridnya. Bukan untuk mencari nilai. So, pandai-pandailah..

5.     Les kemahalan kak, orang tua lagi susah. Jangan khawatir! *eaa. Masih ada alternative lain kok, dengan cara buat kelompok belajar!. Minimal tiga orang gitu (karena pengalaman oe, kalau dua orang itu keasyikan ngerumpi dan bercanda, jadi gak efisien gitu belajarnya. Gak tau kalau kalian haha :v). ngadain kelompok belajar, tapi benar-benar kelompok belajar ya. Atur schedule kalian dan pilih tentor diantara kalian (guru sebaya). Ini ngebantu kita agar kita memanfaatkan waktu secara maksimal dan menurunkan rasa kejenuhan. Bertemu teman dan berdiskusi itu bener-bener nyegerin tau >///<

6.     Jangan lupa selalu berdoa kepada yang maha esa. Karena, dia yang memutuskan semuanya. Jadi, jangan lupa lima waktunnya. Kalau bisa, sholat tahajjud juga. Habis sholat tahajjud, belajar USM STAN lagi eaa.

7.     Jangan kebanyakan berteman dan pacaran >///< kalau gak bisa pisah sama teman atau pacar, ajak mereka belajar juga. Bikin kelompok belajar bareng mereka. Biar waktu bersama kalian bermanfaat.

8.     Jangan lupakan motivasi. Ini yang terpenting. Apa aja yang penting positif. Kalau aku motivasiku adalah orang tuaku. Aku pengen cepat-cepat bikin mereka bahagia dan gak perlu lagi banting tulang cari uang untukku. Aku pengen masa tua mereka dipenuhi dengan kebahagiaan mereka. Karena, mereka udah support aku selama ini. Kalau sekarang mereka yang kirim uang ke aku, setelah lulus dari PKN STAN ini, aku ingin bisa bahagiain mereka. Pokoknya, mereka nomor satu dehh.. ya contohnya gitu.

Pas jenuh, pikirkan lagi, untuk apa aku melakukan semua ini? Jawaban bagiku adalah untuk masa depanku bersama orang tuaku. Untuk kebahagiaan orang tuaku.

Dan sekarang, aku berfikir lebih jauh lagi, aku ingin Indonesia lebih maju, aku ingin bisa berkontribusi untuk negara. Aku sering ngeluh tentang kenaikan harga barang, atau hutang negara yang diberitakan atau yang lainnya. Aku sadar, mengeluh gak merubah apapun, mengeluh hanya untuk orang yang Cuma ada omongan doang. Jadi, aku ingin dapat berkontribusi untuk dapat membawa Indonesia ke titik yang aman dan sejahtera. Mulia bukan? Hehe, ini benar-benar dari hatiku looo..

OK just it. Dimanapun kita berada, jangan lupa kalau kita memiliki tujuan baik untuk hidup. Jadi, jangan melakukan jenis kejahatan apapun. Kita cinta damai bukan? KKN bukanlah bagian dari kita, KKN adalah musuh kita. Jadi, capailah sesuatu dengan usaha kita dan doa semua orang. Bukan “orang dalam” :’v






No comments:

Post a Comment