Friday, 29 April 2016

ILMUWAN MUSLIM YANG BERJASA DALAM PERKEMBANGAN TEKNOLOGI ZAMAN SEKARANG




Assalamualaikum readers, Saya baru saja melihat video 1001 INVENTION AND THE LIBRARY OF SECRET yang hanya berdurasi 13 menit readers. Sekali tonton, saya langsung jatuh hati pada ilmuwan-ilmuwan terutama ilmuwan muslim dan sepertinya juga memiliki mimpi untuk menjadi seorang ilmuwan. Setidaknya, menjadi salah satu ilmuwan muslim yang dapat merubah dunia menjadi lebih baik. Cieelah. Pensaran siapa aja ilmuwan islam yang hebat ini? Check it out readers. Happy reading!!


1.     ABBAS BIN FARNAS
Pernah dengar Wright Bersaudara? Ya, mereka dikenal berjasa merintis dunia penerbangan hingga menjelma menjadi industri modern seperti sekarang ini. Tapi, sebenarnya, perintis pertama pesawat terbang adalah orang muslim yang bernama ABBAS BIN FARNAS atau kerap dikenal dengan Armen Firman. Dari berbagai manuskrip kuno, Abbas Ibnu Firnas tercatat sebagai orang pertama yang melakukan pendekatan sains dalam mempelajari proses terbang. Ibnu Firnas pun layak disebut sebagai MANUSIA PERTAMA YANG TERBANG, ribuan tahun sebelum Wright Bersaudara berhasil melakukannya.

Mau tau lebih lanjut kisah sang manusia terbang ini? Kisahnya menarik lo readers. Langsung aja klik KISAH ABBAS BIN FARNAS, PERINTIS PESAWAT TERBANG PERTAMA

2.    AL HAITAM
Al haitam adalah seorang ulama dan ilmuwan besar pada masanya. Ia banyak menulis karya ilmiah  dalam bidang fisika, geometri, filsafat dan logika.

Al haitam adalah orang pertama yang merintis penemuan dibidang optik. Seperti, bagaimana susunan tingkatan siinar, pemantulan cahaya serta perbandingan antara kekuatan dan jarak yang mampu ditempuh oleh cahaya. Tapi ketika itu readers, peralatan yang ia gunakan untuk penelitian sangat sederhana dan al haitam dapat menunjukkan bagaimana proses terjadinya bianglala atau disebut juga dengan pelangi. Hebat ya readers?

Penemuan lainnya dari pak haitam ini adalah jalannya sinar dalam cermin lengkung. Dalam matematika, ia terkenal dengan panggilan PROBLEM AL HAZEN. Dalam ilmu fisika, ia disebut sebagai PELETAK DASAR ILMU MODERN karna semua teori dan eksperimen yang dilakukan al haitam dalam fisika sesuai  dengan perkembangan ilmu fisika saat ini.

3.    ABU AL-QASIM AL ZAHRAWI
Ada banyak peralatan bedah modern mempunyai desain yang persis sama dengan peralatan yang digunakan oleh ahli bedah Muslim pada abad ke-10 yang bernama al-Zahrawi.

Peralatan tersebut seperti pisau bedah, pemotong (gergaji) tulang, gunting tang, gunting halus untuk bedah mata dan ada sekitar 200 peralatan bedah yang telah al-Zahrawi temukan yang diakui oleh ilmu bedah modern. Al-Zahrawi juga yang menemukan sejenis tali/senar khusus (dari usus hewan) yang digunakan untuk menjahit jahitan dalam untuk operasi bedah yang akan ‘menyatu’ secara alami (al-Zahrawi menemukan ini ketika seekor monyet menelan tali senar kecapinya) dan ini juga diterapkan pada pembuatan kapsul obat. Pada abad ke-13, seorang dokter Muslim lainnya bernama Ibn Nafis telah menggambarkan dengan jelas proses sirkulasi darah, 300 tahun sebelum William Harvey menemukan ini. Dokter-dokter Muslim juga yang menemukan metode pembiusan dengan menggunakan campuran opium dan alkohol dan mengembangkan sejenis jarum berongga untuk membuang katarak pada mata, suatu teknik yang masih digunakan hingga hari ini. Bukankah Al-zahrawi adalah seorang penemu yang luar biasa? Subhanallah.

4.    MARYAM AL ASTRU LABI.

Ilmuan wanita ini bernama lengkap Mariam Al-Ijliya al-Astrulabi. Tidak banyak literatur yang menuliskan biografi wanita pengembang astrolabe ini. Namun diperkirakan beliau sudah ada sekitar tahun 944 M. Astrolab merupakan penemuan yang dihargai dalam islam, karena kemampuannya untuk menentukan waktu shalat didefinisikan astronomis dan ia juga dipakai sebagai bantuan dalam menemukan arah ke Mekkah (penentuan kiblat). Hal ini juga penting untuk dicatat bahwa astrologi adalah elemen sangat tertanam dalam budaya islam awal dan astrologi adalah salah satu prinsip dari penggunaan astrolabe. 

Mariam al-Astrulabi membuat astrolab dengan kompleks, ia membuatnya seperti GPS. Dengan alat tersebut, kita dapat menentukan arah kiblat yang benar, membantu dalam navigasi, ketepatan waktu dan astronomi. Eropa menggunakan astrolab ini sampai abad 18 M. Dengan astrolab, Eropa terbantu dalam penemuan geografis di masa renaisans (thisisgender.com).

5.    AL JAZARI

Al-Jazari (1136 m-1206 m) BAPAK TEKNOLOGI MODERN. Begitu insinyur muslim dari abad ke-12 m ini biasa dijuluki. Ia adalah ilmuwan legendaris yang berhasil menemu kan sederet peralatan teknologi yang sangat monumental di zamannya.

Selain dikenal dunia teknik modern sebagai ‘PERINTIS ROBOT’, al-jazari pun tercatat sebagai sarjana pertama yang menciptakan komputer analog yang bisa diprogram. Dan ia juga menciptakan jam gajah.

Mau tau lebih lanjut tentang Al Jazari? Kisahnya menarik lo, sederetan penemuan penemuan luar biasa yang ia ciptakan dan waw, aku bahkan nggak bisa berkata kata. Klik AL JAZARI ILMUWAN PERINTIS ROBOT



Wah, hebat banget ya? Ilmuwan muslim ini sangat jenius dan waw, aku nggak bisa ngungkapin lewat kata-kata.. Sebenarnya, masih ada banyak lagi ilmuwan muslim yang sangat berjasa dalam kehidupan kita sekarang ini. Dan ini baru sebagian kecil dari mereka.

Bagi umat muslim pasti bangga dong dengan para penemu ini. Sedikit bocoran, sebenarnya, saya adalah penggemar berat sains dan sangat kagum pada albert Einstein (sempat nonton filmya). Tapi, karna 1001 library ini, saya menjadi lebih bersemangat untuk mempelajari sains dan tidak lagi terlalu terobsesi dengan para ilmuwan eropa (non-muslim) yang hebat seperti Archimedes, albert Einstein, Isaac newton, dll. Bayangkan, bapak bedah adalah seorang muslim? Perintis robot adalah seorang muslim, pesawat terbang, ilmu astrolabe. Wah, sungguh membanggakan bukan?

Berterima kasih kepada teman-teman yang menjengkelkan itu karna, mereka lah yang membuatku tertarik dengan ilmuwan muslim ini. Wah, sungguh hebat. 

0 comments:

Post a Comment