Thursday, 23 June 2016

APAKAH MATAHARI BISA MENJADI BLACK HOLE?



Assalamualaikum wr wb. Apa kabar reader? 

Awalnya saya sudah mengepost tentang Black Hole. Jadi, sekarang pertanyaannya, matahari bisa nggak ya jadi black hole? Oke, alih alih lagi puasa nih, saya coba untuk mencari tau lebih lanjut tentang ini. penasaran? Check it out readers!

Menurut J. Robert Oppenheimer Black Hole terbentuk jika suatu bintang besar kehabisan bahan bakar dan massa nya tidak bisa menopang gravitasinya sehingga meledak.

Matahari termasuk salah satu bintang dialam semesta ini, yaitu bintang yang berada di galaxy bima sakti yang sedang kita tempati ini. 

Ada beberapa artikel yang mengatakan matahari MUNGKIN saja bisa menjadi black hole.

KENAPA?

Karena, secara matematis, konon katanya, jika matahari dimampatkan /dikompresikan sekecil-kecilnya maka ia akan bisa berubah menjadi blackhole (saya sih gk terlalu yakin. Dan masih kurang meyakinkan).



Tapi, setelah saya mencari lebih banyak lagi artikel sebagai referensi, saya akhirnya tau bahwa matahari TIDAK BISA menjadi blackhole.

KENAPA?
Karena, untuk menjadi sebuah blackhole membutuhkan Massa yang besar dan massa matahari, tidak memenuhi criteria untuk menjadi blackhole.
Bintang yang akan menjadi Blackhole adalah bintang yang melebihi batas Chandrasekhar (Chandrasekhar limit) yaitu sebesar 1,44 kali massa matahari. Bintang yang memenuhi criteria diatas awalnya akan meledak atau mengalami supernova dan barulah ia akan menjadi blackhole. (Selengkapnya di Black Hole)

LALU APA YANG AKAN TERJADI PADA MATAHARI KETIKA IA MATI JIKA SEANDAINYA MATAHARI TIDAK MENJADI BLACKHOLE?

Matahari mati ketika ia sudah kehabisan Hidrogen. Setelah itu, matahari akan mengembang dan mendingin menjadi sebuah raksasa merah dan menyusut menjadi katai putih. Setelah itu, ia akan mati dan menjadi katai hitam (Seperti batu angkasa)


TAPI.. ITU SEMUA MASIH HIPOTESIS

Saya memiliki pemikiran yang lain, bagaimana kalau ingin menjadi sebuah blackhole diperlukan energy yang besar (tidak tergantung kepada massa benda). Saya memegang keyakinan bahwa “Semua benda bisa menjadi blackhole” Sedangkan matahari, menurut saya memiliki energy dan gravitasi yang besar. Buktinya saja, ia bisa membuat planet-planet di galaxy bima sakti ini  mengorbit padanya. jadi intinya, kita tidak membawa massa sebuah benda didalam rumus pembuatan blackhole. Namun, kita menganalisa bagian gravitasi dan energy yang ada didalam benda tersebut. 

Saya pun juga berpikir, blackhole kan sebenarnya tidak terlihat. Hanya, karena para astronom melihat fenomena black hole yang melengkungkan cahaya suatu galaxy dan akhirnya, astronom tau bahwa ada blackhole disana. dan dapat menentukan bentuk dari black hole tersebut.

Bagaimana dengan pemikiran ini, bahwa ada black hole yang lebih kecil dan black hole tersebut tidak dapat menghisap cahaya dengan cepat? Atau bahkan tidak bisa menghisap cahaya? Mungkin iini adalah pemikiran gila saya. Tapi, menurut saya cukup masuk akal jika diumpamakan dengan black hole kecil / blackhole mini yang tidak memiliki energy/gravitasi sebesar black hole yang berukuran besar. (seperti planet, ukurannya ada yang besar dan ada yang kecil. Namun, semuanya masih dikatakan planet jika memenuhi kriteria planet)

Jadi, MATAHARI MUNGKIN BISA MENJADI SEBUAH BLACK HOLE dengan  menjadi supernova atau melalui proses lainnya yang membuat matahari memiliki gravitasi yang besar akibat pengaruh dari ledakan supernova sehingga menekan dirinya sendiri sampai melewati batas ketahanannya dan berakhir menjadi sebuah blackhole.

Siapa taukan? Semua yang bisa dilakukan saat ini hanyalah berhipotesis.

Bagaimana readers? Ternyata masih tanda tanya? menurut readers mungkin atau nggak mungkin matahari kita menjadi blackhole? Atau memiliki hipotesis yang berbeda. Oke, terima kasih sudah berkunjung!


NB :
Bintang Katai jika masih kurang jelas saya akan secepatnya memposting tentang Bintang Katai itu.
Dikutip dari berbagai sumber^^


Baca Juga :

0 comments:

Post a Comment