Monday, 13 June 2016

PENYEBAB DAN CARA MENGATASI INSIDEN MESIN CUCI NYETRUM



Assalamualaikum wr wb. Selamat siang readers! Masih semangat puasa kan? Ramadhan memang penuh berkah, bahkan pagi ini, ketika saya mencuci pakaian, saya kesentrum ketika menyentuh pakaian yang ada didalam mesin cuci yang baru saja selesai berputar. Apa readers pernah mengalami hal yang sama seperti saya? Kalau iya, penasaran nggak sih, kenapa mesin cuci kita itu bisa nyentrum kita? Apakah kita punya kekuatan untuk mengaliri arus listrik? Oke simak langsung jawabannya.

PERISTIWA SETRUMAN MESIN CUCI

saya awalnya mencuci pakaian dan ingin membilas pakaian tersebut. Ketika saya ingin mengambil pakaian tersebut, mesin cuci tersebut malah nyetrum dan membuat saya terkejut. Tapi, daya setrumannya itu tidak kuat sehingga tidak terjadi seperti yang readers bayangkan (rasanya Cuma seperti digigit semut dan itu pun efeknya hanya terasa diujung jari). Tapi, bagi yang trauma sama listrik pasti takut.

Awalnya, saya mengira saya memiliki kekuatan super yang bisa mengaliri arus listrik pada air. Tapi, untuk pembuktiannya, saya menyuruh ibu dan adik saya memasukkan tangannya kedalam mesin dan ternyata mereka juga kesetrum. Jadi, hilanglah mimpi saya menjadi manusia yang memliki kekuatan super *intro gk jelas nih.

Ternyata, setelah saya mengabaikan sentakan arus listrik tadi dan mau tidak mau saya harus memasukkan tangan saya kembali karna kalau ditahan-tahan terus kapan selesai cuciannya. Jadi, saya menarik kesimpulan dari semua percobaan tangan masuk.



1.    Ketika kita menyentuh pakaian dengan perlahan kita akan merasakan sengatan listriknya (arusnya gk besar dan hanya kerasa seperti gigitan semut merah, cukup untuk bikin kita terkejut) dan ketika kita membiarkan tangan kita tetap diposisi itu arus listriknya juga akan terasa dan tidak menghilang.

2.   Ketika kita langsung memasukkan tangan kita langsung kedalam air kita hanya merasakan sedikit sengatan dan itupun hanya seperti dicubit kecil. Dan bahkan dalam beberapa cobaan lainnya dengan cara yang sama namun lebih cepat, saya tidak merasakan sengatan listrik apapun.

PENYEBAB MESIN CUCI NYETRUM
Ternyata, jawabannya cukup simple tapi susah, yaitu mesin cuci yang nyetrum tidak dipasang dengan metode grounding.

APA ITU GROUNDING?
Grounding adalah istilah untuk menghubungkan alat elektronik ketanah(bumi) agar arus dan tegangan induksi yang berlebih bisa mengalir ketanah dan dinetralkan oleh tanah tersebut. Selain itu, grounding juga berfungsi untuk menghindari kerusakan alat elektronik dari serangan petir. Barang-barang yang biasanya digrounding adalah tv, kulkas, mesin cuci dll.

BAGAIMANA CARA ME- GROUNDING?
Untuk lebih jelasnya lagi, kunjungi aja blog si masternya disini
Karna, saya tidak tahu cara mengrounding mesin cuci. *sori

Nah, bagaimana? Masih takut lagi digigit mesin cuci? Tenang, mesin cuci gigitnya pelan kok, nggak sampe hangus dari atas sampai ke bawah kaya di tv tv. Dan juga, sepertinya tidak berbahaya (menurut saya). Tapi, kalau untuk keamanan, grounding mesin cucinya. Oke, selamat mencuci readers!! Maksudnya, selamat berpuasa!!
Marhaban ya ramadhan

0 comments:

Post a Comment