Sunday 12 June 2016

TIPS MENGHAFAL AYAT ALQURAN JUZ 30



Assalamualaikum wr wb. Apa kabar dibulan ramadhan ini readers? Pada puasa nggak? *ngeles lagi =_=. Oke, kali ini saya mau bagi bagi tips ni. Saya membuat ini berdasarkan pengalaman dan pengamatan *lagi. 

Siapa sih yang nggak pengen hafal alquran? Pasti semuanya pengenlah, selain mendapatkan pahala yang besar, kita juga mendapat ketenangan dan kemudahan dalam melafazkannya. Saya tertarik untuk menghafal alquran juz 30 karna itu termasuk salah satu hal yang ingin aku lakukan didalam hidup ini, yaitu nomor 56. *nggak nanya. 

Tapi, pas mau mulai ngafalnya ni, kita sering merasa putus asa karna sulit/panjangnya bacaan yang harus kita hafalkan. Contohnya surat an-naba 40 ayat, abasa, annaziat dll. Jadi, ketika kita menyerah kita niat kita yang mau ngafal alquran ini batal. Nah, berikut tips dari saya dalam menghafal quran juz 30.




1.     Buat target
Nah, ini cara efektif yang paling saya suka. Karna, cara ini jadi membuat kita menjadi lebih rajin dan lebih semangat dalam mengejar target *sama kaya main game, kita pengen maju ke level selanjutnya dan target kita untuk menyelesaikan level ini dengan waktu 30 menit :v

Contohnya saya membuat target hafalan yaitu minimal saya harus bisa hafal 30 ayat per hari. Nah, itu target yang harus saya capai setiap harinya. Walaubagaimanapun, harus bisa 30 ayat. Kalau kita merasa capek dan lelah, dan Cuma bisa hafal 25 ayat, tapi kita harus kejar target. Pasang prinsip “Orang bisa, kita juga pasti bisa melakukannya”.


2.     Buat deathline
Deathline disini yaitu tanggal terakhir kita harus hafal alquran juz 30. Misalnya, aku harus hafal juz 30 sampai tanggal 6 juli 2016 *lebaran. Nah, setelah kita membuat deathline ini, kita mulai menghitung surah/ayat yang harus kita hafal dan membuat targetnya perhari. Jadi, lebih terencana dan lebih besar angka kesuksesannya.

3.     Surah yang baru kita hafal diulang-ulang agar tidak lupa
Banyak terjadi kasus lupa surah yang udah kita hafal. Contohnya, kamu sudah hafal surah annaba dan kamu lanjut untuk menghafal surah an-naziat. Pas kamu udah hafal an-naziat kamu malah lupa an-naba. *Ini yang sering terjadi ke saya dulu

Nah, supaya tidak terjadi hal demikian, kita harus mengulang-ulang surat yang sudah kita hafal tersebut. Seperti, ketika ada waktu senggang, kamu membaca surah-surah yang kamu hafal. Atau, pas sholat, ayat pendeknya yaitu surah-surah yang kamu hafal. Mengulang-ulang akan membuat ingatan kita lebih kuat dan surah tersebut menjadi benar-benar hafal sama kamu.

sama kaya fisika, ketika kita berhasil mengerjakan satu soal yang sulit, namun di hari-hari berikutnya tidak kita ulangi / kita tidak mencari soal yang berkaitan dengan soal yang kemarin, kita bisa lupa cara mengerjakan penyelesaian soal yang kemarin itu, hanya karna kita tidak mengulang-ulang, sepele memang, tapi sangat dahsyat dampaknya.

4.     Punya rival / saingan.
Sebenarnya hal ini adalah sebagai penambah semangat dan tidak harus ada. Ini hanya saran dari saya.

Rival tidak sama dengan musuh. Rival adalah orang yang kita anggap hebat dan dimana kita tidak ingin kalah dengan orang itu. Setiap orang pasti punya rivalkan? Ajak rival kamu untuk menghafal juz 30. Cth : kakak, sahabat, teman yang kita anggap lebih dari kita.

Rival itu bisa jadi inspirasi buat kita. Karna, saya memegang prinsip “Orang bisa, kenapa kita nggak bisa.” Jadi, kita akan ingin lebih dari rival atau seimbanglah dengan kemampuan rival. Usahakan, kita punya rival yang sepertinya seimbang/lebih dengan kita. Karna, ketika ia sudah hafal misalnya surah an-naba, kita otomatis juga akan termotivasi untuk menghafal surah an-naba. Rival ini secara tidak langsung menjadi si penambah semangat (Spirit Booster).

5.     Buat prinsip
Sama seperti point nomor 6, prinsip ini juga bisa menambah semangat kita dalam menghafal juz 30. Buat prinsip yang paling bisa dan jitu membuat kita bersemangat. Contohnya : “jika orang lain bisa, kenapa aku tidak?” “Allah selalu membantu hambanya yang berusaha, jadi aku akan berusaha keras!” Dll.



Bagaimana readers? Sudah punya niatkan untuk menghafal juz 30? Saya juga sedang bersemangat dalam menghafal quran juz 30 ini. Saya memiliki target untuk hafal 1 surah/hari (surahnya > 20 ayat) dan deathlinenya yaitu sebelum malam takbiran. Dan rival saya adalah adik saya, nada. Saya juga sering memasukkan surah-surah yang saya baca dalam surat pendek saya ketika sholat. Dan prinsip saya yaitu “Aku pasti bisa, karna aku yakin Allah akan membantu hambanya yang berusaha”. Selamat menghafal juz 30 readers!!!

Semoga kita termasuk hamba yang mendapatkan Berkah Ramadhan :)

No comments:

Post a Comment